Sunday, April 2, 2017

4 Tips Desain Dengan Canva // 4 Tips How To Design Wth Canva

Hai everyone!
Yeah, terakhir kali gue nulis di entri sebelumnya adalah 'gue yakin bakal aktif ngeblog' and the truth is NOT! hehe. Ya begini ya nasib anak kuliahan, pulang malem, bangun siang, kuliah, pulang malem, bangun siang (ngga ada makan mandi ya?) hehe. Tapi ngga semua gitu kok gaes, its depends on you, how manage your activity and time! Jadi beberapa hari yang lalu gue memutuskan untuk membuat blog ini menjadi billingual gitu, but not at all. Jadi, Abel decided membuat post in Indonesian kalo post itu cukup penting untuk diketahui oleh readers (ya karena gue sebagai manusia mengerti, akan close tab when I see the blog is written in english wkwk), padahal ilmunya butuh kan ya, dan selain itu my readers target is remaja-remaja Indonesia nih, jadi menurut gue perlu juga post di blog ini ngga semuanya in english. And, I will write a post in english when the post itu sifatnya umum, dan emang target readers gue untuk post itu adalah all people around the world! Are you agree with my decision? Comment ya setuju atau engga kalian dengan keputusan gue di atas, because kalo kalian ngga comment yaudah lah ya gue jalanin aja wkwk.

By the way, in spite of my decision about languanges in post, kali ini gue mau sharing gimana gue bisa ahli, pinter, bahkan dewa banget dibidang desain. Jadi nih, sebelumnya gue cuma tau Adobe Photoshop and Illustrator untuk edat edit sana sini, tapi, seiring temen gue banyak yang kreatif nih, gue dapet informasi website untuk cari-cari referensi ataupun editing buat blog, instagram, name card, and others stuff at Canva (udah gue hyperlink nih, langsung trial and error aja ya hehe). Nah, sejak gue ketemu sama Canva, all my problem about design berasa udah hilang, ya karena emang dia sifatnya helpfull gitu. Dan disini, gue mau share tentang gimana menggunakan Canva secara maksimal, jadi bisa ngebantu kita (yang susah desain, ga kreatif) untuk tetep bisa desain.
So the steps are:

1. Open Canva in your desktop browser
Jadi temen-temen, Canva cuma bisa kita buka lewat browser aja. I dont know why it cant opened in phone browser, karena gue sebelumnya juga udah nyoba buka di browser dan cuma bisa log in doang. Mungkin karena aplikasi yang ada di Canva ini banyak, dan lebih maksimal penggunaannya kalo kita pake desktop browser.
Nah, kalo udah pada buka Canva nih, dont forget to sign up first, karena kalo gue ga salah nih, harus sign up dulu untuk bisa make Canva. So gaes, jangan sampe lo ga sign up ya! Yang udah sign up sabi log in aja.

2. Choose your design
Design di Canva tuh banyaaaakkk banget macemnya, tadi di awal gue udah sebutin bisa untuk blog, instagram. Selain keduanya tuh, ada lagi yang lain, bisa bikin cover ebook, poster, pricelist, ucapan terima kasih, and many more. Asik kan? Asik banget, gue selalu menggunakan Canva disaat memang demot banget untuk cari-cari inspirasi ngedesign.

3. Choose your layouts
Layouts tuh apasih? Layouts tuh semacam konsep atau desain sih dari desain yang lo pilih. Banyak banget tuh macem layoutnya, yang gratis? ADA, yang bayar? ADA BANGET wkwk. Jadi lo harus hati-hati nih ya dalam melihat itu free or paid yang paymentnya pake dollar (kehedonan yang haqiqi wkwk). Jadi nih gue pernah tuh udah pilih layout bagus banget, gue edit-edit sampe kelar, udah klik save, dan ternyata gabisa ngesave, ternyata...dia layout paid gitu. Dan gue sedih karena udah banyak gitu loh yang gue edit, yang gue ubah. Be teliti ya gaez! Sebagai tambahan nih, jadi lo bisa bikin layout yang sesuai sama ukuran yang lo butuhin, jadi gausah takut Canva udah paten ukurannya.

4. Edit layout
Nah disini lo bisa kembangin sesuai dengan keinginan dan kebutuhan lo gaes. Jadi fitur yang ditawarin Canva itu ada beberapa yang lain disamping layout, ada background, text, and elements. Jadi ntar kalian bisa nambahin design yang udah disediain sama Canva pun bikin sendiri! Kalo gue pribadi jarang banget ngerubah desain, biasanya ganti background doang sih hehe. Nah ni gue ulas satu-satu ya tentang fitur Canva;
  • Text
    Di bagian text ini ntar lo bakal dapet heading, subheading, and some text to support your heading or subheading. Kalo judul pasti lah lo pakein heading, kalo subheading gue pake untuk support judul atau apa sih yang bakal gue bawa. Dan some text to support itu gue belom pernah coba, tapi bisa lo pake untuk kalo presentasi kaya nama gitu, kalo di blog bisa lo pakein copyright atau yang lainnya. Di bagian text ini ntar lo bakal ditawarin dengan banyak ragam font, pilih aja sesuai selera ya!
  • Background
    Di bagian background ini Canva nyediain backgroun plaine atau polos dengan warna, pattern, dan kalo lo search di kolom search, bisa lo ambil beberapa foto yang gratis atau berbayar. Menurut gue sih yang gratis udah pada bagus, pinter-pinternya lo milih dan ngedit aja. Nah kalo lo pake background yang bergambar nih, ada fitur edit picture, editnya sih filter sama brightness doang, tapi itu cukup banget kok.
  • Elementens
    Disini lo bakal dapet illustrator gitu (icon tapi lucu-lucu), free photo, shapes, line, grids, and frames. Kayanya itu udah umum banget ya, dan pasti lo bisa ngegunainnya.
  • Upload
    Ini adalah salah satu fitur untuk ngeupload gambar atau karya lo yang lain. Misalnya nih, lo udah ngedit di photoshop, tapi menurut lo kurang dan Canva punya, misalkan garis deh, nah bisa lo upload tuh hasil karya lo yang di photoshop, dan edit di Canva. Simple kan?   
Kalo udah lo edit tinggal di download aja dengan klik tombol download di pojok kanan atas website Canva. Selesai deh. Tinggal dipake doang dan bisa lo pamerin di instagram, blog, linkedin, atau tumblr, twitter dan social media lainnya.
Semoga tips dari gue kali ini bisa ngebantu lo semua untuk lebih active lagi dalam membuat desain ya, hehe. Dan jangan lupa, kalo ada pertanyaan-pertanyaan yang ingin kalian tanyain, bisa comment di sweet comment section yang udah gue sediain ya! - Xoxo


Warm Huge,
Abel

No comments:

Post a Comment

sweet comment will replied♥